FireStats error : Database error: Error establishing mySQL database connection:php_network_getaddresses: getaddrinfo failed: Name or service not known in /home/students/public_html/wp-content/plugins/firestats/lib/ezsql/mysql/ez_sql_mysql.php on line 98

MySQL Version:
SQL Query:
INSERT DELAYED INTO `plugin_firestats_pending_data` ( `timestamp`, `site_id` , `user_id`, `url` , `referrer` , `useragent` , `ip` ) VALUES ( NOW(), 151, NULL , '', '', '', '' )

Pengenalan Web Programming

Mungkin para blogger yang sudah ahli pasti bertanya-tanya kapan kami menyajikan tutorial tentang web designer. Seperti artikel sebelumnya yaitu tentang search engine hanya membahas tentang jenis-jenis search engine. Sekarang ini sudah banyak blog-blog yang menyajikan Tutorial-tutorial yang siap pakai atau istilah dalam hal makanan yaitu hidangan yang siap santap, dimana makanan tersebut sudah diolah dan tinggal dimakan.

Dengan hidangan yang siap santap itu pengunjung hanya tinggal makan tidak tahu cara mengolahnya dan apa saja bahan dasarnya. Hal ini akan membuat kita mengalami kemunduran kreatifitas dalam berkarya, karena hack yang  sudah ada tinggal dipasang dan dibongkar, tanpa memahami prinsip dasar dari hack tersebut. Penulis dalam pendirian blog ini berkomitmen untuk berbagi ilmu sebatas yang penulis ketahui untuk segala kalangan baik bagi pemula, menengah ataupun mahir untuk bersama-sama belajar dan saling memberi masukan antara sesama komunitas blogger indonesia.

Baiklah sekarang kita masuk Apakah yang dimaksud dengan Web Programming ?. Secara garis besar Programming adalah adalah proses menulis, mencoba, memeriksa dan memperbaiki (debug), serta memelihara kode untuk membuat sebuah program komputer. Kode ini ditulis dalam berbagai bahasa pemrograman. Tujuan dari pemrograman adalah untuk memuat suatu program yang dapat melakukan suatu perhitungan atau proses sesuai dengan keinginan si pemrogram (Sumber :wikipedia). Jadi Secara singkat untuk Web programming adalah proses pembuatan program yang outputnya disajikan oleh Web Browser. Kami belum akan menjelaskan web programming secara detail dimada ada program berupa server side ataupun client side. Untuk lebih jelas jenis-jenis dan perkembangan dari Web programming hal ini bisa dibaca pada web development.

Untuk artikel ini kita belum masuk kedalam bahasa apa yang akan digunakan dalam web programming tetapi bagaimana memahami logika dasar dari pemrograman. contoh berikut ini :

x = x + 1

x = x + 1

Kita perhatikan dulu baris persamaan di atas dan jawablah pertanyaan berikut :

  1. Apakah fungsi di atas  sama ?
  2. Apakah nilai x di atas sama ?

Jawaban :

  1. Fungsi di atas adalah sama yaitu x = x + 1
  2. Walaupun dua fungsi di atas sama tetapi nilai x yang dihasilkan dalam pemrograman adalah berbeda.

Mari kami jelaskan tentang jawaban kedua, kenapa nilai x bisa berbeda berikut penjelasannya :

di awal apabila belum di definisikan suatu variabel biasanya 0 (kami masih belum membahas jenis bahasa pemrograman di sini)

jadi x = x + 1 karena x awal adalah 0 maka x = 0 + 1 maka nilai x adalah 1

setelah proses di atas maka nilai x adalah 1, berikutnya kita masuk ke fungsi kedua

x = x + 1 karena x sudah mempunyi nilai 1 maka x = 1 + 1 maka nilai x berikutnya menghasilkan 2

Saya cukupkan contoh sederhana di atas, mari kita fahami benar-benar sebelum menginjak bahasan yang lebih rumit lagi.

Semoga pembahasan berikut bermanfaat bagi kita semua.

One Response to “Pengenalan Web Programming”

  1. […] pengenalan web programmer , penulis akan lanjutkan dengan logika pemrograman, saat ini penulis tidak akan mengenalkan script […]

Leave a Reply

*

Packaged by Edublogs - education blogs.
Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer