FireStats error : Database error: Error establishing mySQL database connection:php_network_getaddresses: getaddrinfo failed: Name or service not known in /home/students/public_html/wp-content/plugins/firestats/lib/ezsql/mysql/ez_sql_mysql.php on line 98

MySQL Version:
SQL Query:
INSERT DELAYED INTO `plugin_firestats_pending_data` ( `timestamp`, `site_id` , `user_id`, `url` , `referrer` , `useragent` , `ip` ) VALUES ( NOW(), 151, NULL , '', '', '', '' )

Review Mengenai Email

Semoga artikel ini tidak membuat bosan para pembaca yang memang sudah lama malang melintang di alam maya, karena tulisan ini memang untuk mereka yang benar-benar baru di dunia internet.

Banyak dari anda tentu tidak asing lagi dengan yang namanya Email, baik itu fungsi emailcara penggunaan emailweb penyedia Emaildan lain sebagainya yang masih berhubungan dengan Email. Namun tentunya tidak menutup kemungkinan masih ada yang belum mengetahuinya, ini terbukti dengan banyaknya pengguna internet yang masih mencari informasi melalui Search engine atau mesin pencari dengan kata kunci “cara membuat Email” ataupun kata kunci lainnya yang masih berhubungan dengan email. Oleh karena itu, sebelum menginjak kepada hal-hal yang lebih rumit semisalmembuat blog atau website serta tentang pemrograman, ada baiknya anda mengenal terlebih dahulu segala sesuatu yang berhubungan dengan email.

Apa yang di maksud dengan email?

Email adalah singkatan dari Electronic Mail atau jika dalam bahasa indonesia adalah Surat Elektronik, Seperti layaknya surat biasa pada umumnya, email berfungsi untuk mengirim serta menerima surat atau pesan kepada orang lain. Perbedaan antara surat biasa dengan email adalah email sudah tidak lagi membutuhkan kertas sebagai media untuk menuliskan pesan, media yang di gunakan adalah berupa data digital yang di kirimkan melalui internet.

Pentingkah mempunyai Email?

Untuk era digital seperti saat sekarang ini, dan jika anda sering melakukan aktivitas maya,  memiliki sebuah email adalah penting bahkan harus. Banyak aktivitas maya yang mengharuskan anda memiliki sebuah email atau alamat email, ambil contoh untuk mendaftar  ke layanan blog gratis seperti blogger.com atau wordpress.com, daftar ke situs jejaring semisal facebook, hi5, friendster, membeli domain atau hosting, semuanya mengharuskan anda mengisi alamat email yang masih aktif.

Selain itu saat ini sudah banyak perusahaan-perusahaan yang menerapkan kebijakan dalam hal penerimaan karyawan, para pelamar pekerjaan di haruskan mengirimkan surat lamaran kerja ke perusahaan mereka melalui email. Jadi tidak ada alasan lagi untuk anda tidak memiliki alamat Email.

Apa kelebihan Email di banding dengan surat biasa?

Banyak sekali kelebihan email di banding dengan surat biasa, salah satu yang paling menonjol adalah proses pengiriman pesan super cepat yang hanya memerlukan waktu beberapa menit atau bahkan beberapa detik saja untuk sampai di tempat tujuan walaupun jarak antara pengirim pesan dengan penerima pesan sangat jauh. Berbeda kota, provinsi atau bahkan berbeda negara sekalipun bukan suatu halangan.

Gratiskah atau harus membayar untuk memiliki Email?

Untuk memiliki sebuah alamat email ada yang berbayar ada pula yang gratis. Banyak perusahaan-perusahaan besar memiliki alamat khusus untuk karyawan-karyawan mereka dan mereka mengeluarkan biaya untuk itu semua. Adapun jika anda membeli sebuah paket hosting pada sebuah web hosting, biasanya hosting tersebut tidak hanya untuk website namun jadi satu paket untuk layanan email yang sesuai dengan nama domain website tersebut, misalkan nama website anda adalah Namadomainmu.com maka anda bisa membuat alamat email khusus dari doamin tersebut, misalkan admin@namadomainmu.com atau karyawan1@namadomainmu.com,karyawan2@namadomainmu.com dan nama-nama email lainnnya yang bisa anda buat sendiri.

Pilihan kedua adalah menggunakan jasa email gratis. Saat ini banyak sekali web-web penyedia email gratis baik didalam negeri ataupun luar negeri, berikut beberapa contoh web penyedia email gratis :

  • Yahoo.com
  • Google.com
  • Hotmail.com
  • Plasa.com

Mana yang anda pilih? Tentunya sesuai dengan kebutuhan.

Istilah-istilah yang berhubungan dengan Email :

WebMail
WebMail adalah situs atau website penyedia email yang utamanya untuk diakses melalui browser internet. Beberapa webmail yang yang menyediakan fasilitas gratis adalah :

  • Yahoo.com
  • Google.com
  • Hotmail.com
  • Plasa.com

Email Adress / Alamat Email
Email AdressAlamat Email adalah alamat yang kita dapat ketika membuat suatu email pada website penyedia email. Contoh alamat email :

aing_tea24@yahoo.com
aing_tea24@gmail.com

Inbox / Kotak masuk
InboxKotak masuk adalah tempat untuk pesan-pesan email yang masuk. Semua pesan email yang masuk ke email anda terlebih dahulu akan masuk ke kotak ini atau lebih sering disebut dengan folder  inbox.

Outbox / Kotak keluar
OutboxKotak keluar adalah tempat atau folder pesan email keluar yang kita kirimkan ke email orang lain. Dengan adanya folder ini, maka anda dapat melihat catatan email apa saja yang pernah anda kirimkan.

CC dan BCC

CC (Carbon copy), Bcc (Blind Carbon Copy) adalah sama  halnya dengan surat tembusan. Hal ini sering dilakukan apabila penerima surat lebih dari satu penerima email, atau dimaksudkan ada pihak yang mengetahui bahwa anda telah mengirimkan suatu pesan email. Misal seperti ini :

Anda di tugaskan oleh atasan anda untuk mengirimkan suatu pesan email ke suatu perusahaan atau instansi, dan atasan andapun meminta agar diapun di kirim pesan email tersebut, maka alamat email tujuan anda adalah email perusahaan yang di maksud serta alamat email atasan anda di masukkan ke kolom CC atau Bcc. Hal seperti ini banyak di maksudkan bahwa anda telah mengirimkan pesan dan atasan andapun mengetahuinya.

Spam Email / Email Spam
Spam Email atau Email Spam adalah pesan email yang bersifat menyalahi aturan dan biasanya berisi iklan ataupun yang lainnya sehingga mengakibatkan ketidak nyamanan pengguna email. Spam Email biasanya dikirim dalam jumlah yang banyak atau secara terus-menerus sehingga akan memenuhi inbox penerima email. Selain itu Spam Email seringkali menggunakan software pengirim otomatis sehingga pesan yang dikirimkan bisa dalam jumlah yang banyak dan terus menerus. Banyak dari penyedia email membuat sistem untuk menangkal terhadap adanya email spam.

Email Client
Email Client adalah tool atau software untuk mempermudah dalam mengatur atau mengelola email secara offline (tidak terhubung koneksi internet). Dengan adanya software Email Client, pesan email yang ada pada server email didownload terlebih dahulu ke dalam komputer anda dan setelah semua email di download, pesan email tersebut bisa anda kelola secara offline kapan saja tanpa harus terhubung ke internet.
Contoh software email client :

  • Microsoft Outlook
  • Thunder bird
  • Windows Live mail
  • Dan lain lain.

Ada juga browser internet yang sudah langsung terintegrasi dengan layanan Email client, contoh web browser tersebut adalah browser internet opera.

Artikel mengenai email dicukupkan sekian dan mudah-mudahan ada guna dan manfaat yang bisa di ambil.

7 Responses to “Review Mengenai Email”

  1. […] pada artikel Review Mengenai Email telah disinggung bahwa untuk mengelola email bisa langsung melalui Webmail dimana anda membuat […]

  2. […] Tentunya ada sudah mempunyai akun email. […]

  3. […] pada artikel Review Mengenai Email telah disinggung bahwa untuk mengelola email bisa langsung melalui Webmail dimana anda membuat […]

  4. […] 2010}   cara setting POP/IMAP danSMPT gmail pada thunderbird Sebelumnya pada artikel Review Mengenai Email telah disinggung bahwa untuk mengelola email bisa langsung melalui Webmail dimana anda membuat […]

  5. […] 10, 2010 at 4:29 am (Uncategorized) Sebelumnya pada artikel Review Mengenai Email telah disinggung bahwa untuk mengelola email bisa langsung melalui Webmail dimana anda membuat […]

  6. […] 10, 2010 Sebelumnya pada artikel Review Mengenai Email telah disinggung bahwa untuk mengelola email bisa langsung melalui Webmail dimana anda membuat […]

  7. […] pada artikel Review Mengenai Email telah disinggung bahwa untuk mengelola email bisa langsung melalui Webmail dimana anda membuat […]

Leave a Reply

*

Packaged by Edublogs - education blogs.
Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer